Objek Wisata Pantai Barat Natal, Sumatera Utara

Pernahkah anda mengunjungi Mandailing Natal? Jika belum, ada beberapa yang perlu anda ketahui tentang wilayah yang berada di selatan provinsi Sumatera Utara ini. Mandailing Natal atau lebih sering disebut Madina. Kabupaten Mandailing Natal (Madina) adalah salah satu kabupaten yang terletak di kawasan paling ujung Pantai Barat Provinsi Sumut dengan ibukotanya Panyabungan sebagai pusat pemerintahan. Letak Madina di kawasan pegunungan Bukit Barisan membuat daerah paling selatan Sumut itu indah dipandang mata, sehingga sangat potensial untuk pengembangan objek pariwisata. Selain alam yang indah untuk wisata hutan, wisata gunung dan wisata air, kabupaten ini juga dikaruniai benda-benda dan tempat-tempat bersejarah, di samping kesenian/budaya rakyat setempat. Hal ini tentunya sangat mendukung bagi pengembangan objek wisata, namun disayangkan hingga saat ini belum terkelola dengan baik. Salah satunya adalah Pantai Barat Natal yang terletak di Natal, Kecamatan Natal. Pantai Barat Natal memiliki pesona alam yang tak kalah menariknya jika dibandingkan dengan Pantai Kuta Bali, jadi tak jarang banyak pengunjung yang mengunjungi Pantai Barat Natal khususnya pada hari libur atau hari-hari besar. 


Pantai Barat Natal telah terukir indah dengan potensi Sumber Daya Alam kaya dan mempesona sebagai anugerah tak terhingga dari Allah Swt. Kota Natal adalah sebagai kota tertua / induk dari kecamatan-kecamatan yang berada di kawasan Pantai Barat Natal. Kekayaan alam pantai barat telah diketahui sejak dahulu kala, alamnya membentang dengan daratan dan lautan yang luas. Hasil-hasil buminya selama ini telah terkenal dan termasyur hingga ke manca negara. Di samping letak kawasannya yang juga strategis dengan jalur perdagangan dengan pulau sumatera yang melimpah dengan hasil bumi, pantai tersebut juga berbatasan langsung dengan jalur perdagangan internasional yaitu Samudera Hindia.

Kawasan ini dengan sebutan populernya yaitu Pantai Barat Natal, yang dari sebutan itu sepintas objek daerahnya identik dengan zona maritim, namun memiliki dataran yang luas dan subur. Kawasan Pantai Barat Natal sejak lama telah menjadi sorotan para pengusaha perkebunan besar maupun pengusaha-pengusaha perorangan. Ini terbukti dengan berdirinya banyak perusahaan-perusahaan perkebunan yang melebarkan sayap-sayap usahanya ke Pantai Barat Natal dengan ratusan dan ribuan hektar lahan tanam. Di sisi lain, sumber daya alam pantai barat juga terkenal dengan kayu hasil hutan berbagai jenis dengan kualitas ekspor, dan hutannya yang juga di huni oleh satwa-satwa dan ditumbuhi oleh flora-flora dengan berbagai jenis. bahan-bahan tambang dan galian juga telah menghiasi alam pantai barat nan permai, Juga sarang burung wallet alami yang masih produktif hingga kini merupakan hasil alam pantai barat yang konon kabarnya berkualitas terbaik didunia ditambah lagi dengan kawasan pantai nan indah yang menjadi daya tarik utama untuk tanah pantai barat.

Luas hamparan pantai barat mencapai lebih dari 170 Km yang dipagari oleh hutan bakau (Mangrove) di bibir pantai dengan ketebalan 50-150 meter. Lautannya yang juga menjadi sebagian dari mata pencarian masyarakat setempat banyak menghasilkan santapan laut yang telah pula memenuhi ekspor ke manca negara. Kawasan Pantai Barat Natal tanpa disadari juga telah menjadi salah satu daerah tujuan wisata terpopuler di Kabupaten Mandailing Natal dan daerah-daerah sekitarnya. Suasana pantai yang nyaman dengan hembusan sang bayu yang sepoi-sepoi pada pohon-pohon Cemara hijau memanggil rasa ingin menyatu dengan damainya alam. Suara deburan ombak yang berkejaran seakan-akan memanggil rasa untuk segera bergulat dengan birunya laut, bermain, berkejaran dan membasahi tubuh dengan air nan selalu asin dan beriak. nyiur-nyiur yang melambai mesra dengan kelapa muda segar mudah didapatkan di pantai itu. Memancing ikan ataupun menunggu saat perahu-perahu nelayan tradisional di siang hari mulai menepi dan membawa hasil tangkapannya, dengan pecahan rupiah yang murah kita dapat membeli ikan, udang, cumi ataupun kepiting untuk dibakar lalu disantap langsung. Tatkala matahari pantai barat mulai terbenam di ufuk barat dengan cahaya kuning kemerah-merahan hiasan dari sang Pencipta seakan-akan membawa kita pada suasana syurgawi dan terlepas dari seribu macam persoalan dunia yang menghimpit.

Masyarakat pantai barat juga terkenal dengan keramah-tamahan, sopan dan berbudi telah banyak mendirikan cafe-cafe keluarga di pinggiran pantai tersebut sebagai tempat memesan makanan dan minuman. Pemandangan lain di pinggiran pantai di sore hari adalah muda-mudinya biasa bermain bola volley di putihnya pasir pantai. mess pemda serta pasanggarahan dan tempat-tempat penginapan malam juga banyak tersedia. Pantai Barat Natal dengan kekayaan dan kemolekan alamnya yang menakjubkan akan mempesona setiap pengunjungnya. 

Untuk itu, tidak ada salahnya anda mencoba petualangan untuk mengunjungi lokasi wisata yang satu ini, dijamin tidak akan menyesal.


2 Response to "Objek Wisata Pantai Barat Natal, Sumatera Utara"

  1. p5yCUioguuKvv53ZdCOcYD1rn70- says:
    13 Februari 2014 15.42

    APAKAH SARANA TRANSPORTSI TERSEDIA SETIAP HARI JUGA TEMPAT TINGGAL SEPERTI HOTEL ATAU MESS CUKUP TERSEDIA

  2. Fadilah Murtafiah says:
    7 Juli 2014 02.01

    Berhubung Pantai Natal ini masih berada di lokasi yang jauh dari perkotaan jadi diharapkan untuk membawa kendaraan sendiri atau menyewa. Kalau penginapan sudah ada meskipun masih terbatas :)

Poskan Komentar