HOLLANDAISE SAUCE


Holandaise Sauce,,,, dari namanya aja udah ketebak dong yah asal sauce ini darimana,,, yap betulll,,, Holland alias Belanda,, tapi sause ini juga terkenal di negara-negara wisata di Eropa seperti Prancis dimana sauce ini merupakan salah satu dari lima sauce utama dalam kuliner klasik Prancis. Untuk lebih banyak pengetahuan tentang sauce ini, ada sebuah buku yang membahas secara rinci mengenai Hollandaise Sauce yang berjudul Le Cuisinier Francois (Kuliner Prancis).
Bahan utama sauce ini adalah kuning telur dan mentega cair. Untuk membuatnya juga sedikit hati-hati dimana temperatur air saat membuatnya tidak lebih dari 600C dan masaknya harus pas. Nah untuk dapat menikmati dengan bahan yang sederhana, so yuks kita mulai berkarya membuat resep Hollandaise Sauce. Check this out!

Bahan :
Kuning telur 3 butir
Air perasan jeruk lemon 1 sdm
Mentega (kalau ada yang unsalted butter) 100 gr
Garam ¼ sdt
Gula pasir 1 sdt
Bubuk paprika (optional)
Air panas (tidak mendidih) 500 ml
Cara membuat :
1.   Kocok kuning telur dengan air perasan jeruk lemon dalam mangkok tahan panas hingga tercampur rata.
2.  Taruh mangkok dalam panci berisi air panas (tidak mendidih).
3.  Masukkan 1/3 bagian mentega ke dalam adonan kuning telur, kocok perlahan menggunakan pengocok kawat hingga mentega cair.
4.  Masukkkan lagi 1/3 bagian mentega, kocok. Masukkan sisa mentega dan kocok lagi hingga menyatu dan kental.
5.  Masukkkan garam dan gula, aduk rata dan angkat.
6.  Siramkan saus ke atas asparagus di piring saji dan taburi bubuk paprika. Asparagus bisa diganti dengan sayuran lainnya.

7.  Siap dihidangkan

0 Response to "HOLLANDAISE SAUCE"

Posting Komentar