Kimchi khas Korea


KIMCHI

Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di zaman dulu, Kimchi diucapkan sebagai chim-chae (Hangul: 침채; Hanja: 沈菜) yang berarti "sayuran yang direndam." Di Korea, Kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain. Nah, di blog ini saya akan berbagi resep untuk membuat makanan khas Korea yang satu ini,,, yuk kita intip,,,

Bahan Kimchi :
- 3 buah sawi putih
- 3 buah wortel, potong korek api
- 1 buah lobak, kupas dan potong korek api
- 7 batang daun bawang, potong korek api
- 250 gram garam untuk menggarami sawi

Bahan Pasta Kimchi :
- 65 gram tepung beras
- 750 ml air
- 300 gram cabai bubuk Korea
- 250 ml saus / kecap ikan
- 125 gram gula pasir
- 1 butir bawang bombay ukuran besar, cincang halus
- 70 gram bawang putih, haluskan
- 1 sendok makan jahe cincang halus

Cara Membuat Kimchi :
  • Cucilah sawi terlebih dahulu pada seluruh bagian dan daunnya hingga bersih, kemudian ambil garam, buka lembaran daun sawi satu persatu dan taburkan garam di antara sela-sela sawi hingga merata. Pastikan semua lembaran sawi terkena garam dan berikan porsi garam yang lebih banyak pada pangkal batang sawi yang keras.
  • Siapkan 1 buah baskom besar, kemudian tata sawi yang telah digarami terlebih dahulu ke dalam baskom plastik, lalu biarkan selama 2 jam.
  • Setelah dibiarkan selama 2 jam, sawi akan menyusut bobotnya dan baskom akan terbentuk genangan air yang banyak.
  • Setelah 2 jam. cuci bersih masing-masing sawi di bawah air yang mengalir hingga garam benar-benar hilang, dan bilaslah berulang-ulang hingga 3 kali agar sawi bersih dari garam. Tiriskan dan diamkan sebentar.
Cara membuat pasta Kimchi :
  • Siapkan panci, kemudian masukkan tepung beras dan air, lalu aduk-aduk hingga tepung beras larut dan adonan mengental. Ketika muncul letupan pertama, segera matikan kompor, lalu tambahkan gula pasir dan aduk hingga gula larut. Biarkan bubur tepung dingin.
  • Setelah itu siapkan baskom besar, tuangkan bubur tepung beras ke dalamnya, lalu tambahkan cabai bubuk, kemudian aduk rata. Tambahkan saus/kecap ikan, jahe, bawang bombay, bawang putih, lalu aduk hingga rata.
  • Masukkan daun bawang, lobak dan wortel, lalu aduk hingga rata.
  • Ambil satu buah sawi, pegang dengan tangan kiri, letakkan di atas mangkuk yang berisi pasta, dengan tangan kanan buka lembaran-lembaran sawi dan olesi pasta pada setiap lembarannya. Pastikan semua helai daun rata dan terkena pasta. Pakailah sarung tangan plastik yang bersih agar terhindar dari iritasi saat membumbui sawi dengan pasta pedas.
  • Setelah itu masukkan sawi yang telah dibumbui ke dalam toples besar. Hindari mengisi toples terlalu penuh, karena kimchi akan mengeluarkan air yang banyak. Tutup toples rapat-rapat dan biarkan selama 2 hari agar terjadi proses fermentasi. 
  • Setelah itu kimchi siap untuk dihidangkan.
Bagaimana? Cukup mudahkan untuk membuat Kimchi di rumah,,, tunggu apa lagi... selamat mencoba!


0 Response to "Kimchi khas Korea"

Posting Komentar