WISATA PANTAI PANGANDARAN

Pangandaran merupakan salah satu daerah yang terletak di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Untuk beberapa orang yang suka berwisata, tentunya tidak asing dengan pantai Pangandaran yang memiliki pesona tersendiri dibandingkan pantai lainnya. Mengapa aku mengatakan hal demikian?
Yah, karena Pantai Pangandaran memiliki pesona dengan kondisi alam yang masih alami. Selain pantainya yang indah dengan pasir putihnya, wisata pantai Pangandaran yang juga merupakan taman wisata alam (TWA) ini terletak di hutan alam dengan variasi satwa yang masih hidup alami di habitatnya. Dengan begitu, sembari menikmati keindahan pantai, wisatawan juga akan sering melihat satwa-satwa hutan bermunculan tanpa dijaga oleh petugas seperti monyet, burung-burung yang unik, rusa, dan banyak lagi yang lainnya. Menikmati pantai di bawah pepohonan yang sejuk akan membuat nyaman para wisatawan.

Saat berkunjung ke Pangandaran, aku juga memasuki hutan alam Pangandaran dan pada saat ekspedisi dilakukan (tsahhh :D), kami menemukan bunga bangkai yang merupakan Flora dilindungi dengan jenis Raflesia Fatma,,, untuk pertama kalinya aku melihat Raflesia berwarna orange dengan kondisi masih muda. Its so beautiful J


Pantai Pangandaran juga menyediakan wahana permainan seperti Banana Boot dengan harga yang cukup terjangkau serta di sekitar pantai banyak yang menjual pernak pernik yang bisa dibawa untuk oleh-oleh seperti gantungan kunci, baju, selendang, dan banyak lagi yang lainnya. Di sana juga tersedia sepeda yang bisa disewa untuk mengelilingi pantai dan sekitar pantai karena wisata Pangandaran terdiri dari beberapa sudut pantai dimana setiap pantainya memiliki pesona yang berbeda-beda, ada dengan keindahan pasir putihnya, keindahan khusus untuk melihat sunset, dan juga pantai yang terdiri dari banyak batu karang yang indah dengan air laut yang sangat jernih, sehingga jika menggunakan sepeda, anda bisa mengunjungi beberapa pantai tersebut yang jaraknya tidak begitu jauh satu dengan lainnya.

Pantai berpasir putih

 
 Pantai dengan air yang jernih
Pantai dengan sunset yang indah

Selain wisata pantai, tidak jauh dari pantai tersebut anda bisa mengunjungi berbagai jenis goa yang juga merupakan salah satu wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Sayang dong, kalo udah ke Pantai Pangandaran hanya menikmati pantainya saja. Di sana terdapat beberapa jenis goa dengan sejarah masing-masing dimana untuk mengunjungi goa tersebut harus dipandu oleh tour guide agar tidak kesasar atau terjadi sesuatu yang membahayakan karena kondisi goa yang merupakan peninggalan sejarah yang cukup tua sehingga harus sangat berhati-hati untuk masuk ke dalamnya. Goa tersebut memiliki nama masing-masing, yang aku ingat adalah Goa Lanang dan Goa Jepang yang pada saat itu aku mengunjunginya pada malam hari. Situasi yang cukup menyeramkan di Goa Lanang namun kesempatan yang sangat dinanti-nanti karena suasana malam kita akan dapat melihat satwa malam bermunculan seperti beratus-ratus kelelawar di dalam goa. Begitu juga dengan Goa Jepang yang memberikan kesan tersendiri saat mengunjunginya.


Goa Lanang
Goa Jepang
Untuk melancong ke Pangandaran, anda tidak perlu khawatir untuk mencari penginapan karena di sekitar pantai banyak terdapat hotel yang bisa anda kunjungi untuk bermalam di sana. So, jika anda ada waktu luang tidak ada salahnya mengunjungi wisata pangandaran yang telah dijelaskan di atas.


0 Response to "WISATA PANTAI PANGANDARAN"

Posting Komentar