GARUDA WISNU KENCANA (GWK)

Selamat datang kembali di blog yang sudah cukup lama kulupakan,,, bukan dilupakan sih tapi ditinggalkan sejenak oleh kesibukan yang ndak jelas :D
Baiklah pada kesempatan kali ini aku pengen berbagi kembali mengenai lokasi wisata yang belum tuntas aku paparkan dimana masih di provinsi yang sama yaitu Bali dengan lokasi wisata yang berbeda. Mungkin pada tahun sebelumnya aku udah sedikit menceritakan beberapa lokasi wisata di Bali, nah di kesempatan kali ini aku akan mengupasnya kembali satu per satu,,, yang penting sabar aja ya nungguin nya :P
Kali ini aku ingin bercerita tentang wisata Garuda Wisnu Kencana yang berupa patung yang tinggi besar dengan nilai sejarah yang cukup menakjubkan dilengkapi dengan lokasi sejarah yang masih kental banget,,,

Sejarah
Dalam kepercayaan agama Hindu, Dewa Wisnu merupakan Dewa Pemelihara dimana Burung Garuda adalah kendaraan Dewa Wisnu. Nah,,, Wisata Garuda Wisnu Kencana merupakan patung yang berwujud Dewa Wisnu mengendarai Burung Garuda. Menurut alkisah, Sang Garuda merelakan diri menjadi kendaraan Dewa Wisnu sebagai tebusan karena Sang Garuda telah mengambil pusaka Tirta Amerta Dewa Wisnu tanpa ijin, hal ini dilakukan Sang Garuda demi untuk menyelamatkan Ibunya dari perbudakan maka sebagai ganti dan menebus kesalahannya Sang Garuda menjadi kendaraan Dewa Wisnu.

Patung GWK
Patung GWK sendiri dibuat oleh pematung terkenal Bali I Nyoman Nuarta. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton dan diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang sampai dengan 20 km sehingga dapat terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot. Namun patung GWK yang telah menghabiskan dana 40 milyar ini mengalami kendala saat pembuatannya dikarenakan pada saat itu (tahun 1997) bertepatan dengan terjadinya krisis moneter sehingga alhasil patung GWK belum memiliki bentuk yang utuh dan lengkap seperti yang sudah direncanakan. Saat ini patung GWK sedang dibangun kembali di tempat yang berbeda setelah berhenti dalam jangka waktu yang cukup lama dan diharapkan pada tahun 2016 patung GWK telah sempurna dibangun oleh I Nyoman Nuarta bersama rekan seniman lainnya. Patung GWK ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia. Jika pembangunannya selesai, patung GWK akan menjadi patung tertinggi dan terbesar di dunia dan mengalahkan Patung Liberty di Amerika Serikat. Semoga saja patung ini cepat terselesaikan yaaaaa.



Wisata GWK
Patung GWK berada di lokasi Bukit Unggasan, Jimbaran, Bali, sekitar 40 km di sebelah selatan Denpasar. Patung ini berdiri menjulang di dalam kompleks Taman Budaya GWK. Patung GWK diharapkan menjadi ikon bagi pariwisata Bali dan juga Indonesia nantinya. Beberapa wisata yang berada di Taman GWK ini adalah sebagai berikut.

Wisnu Plaza
Wisnu Plaza adalah tanah tertinggi di daerah GWK dimana tempat kita sementara merupakan bagian paling penting dari patung Garuda Wisnu Kencana patung Wisnu. Pada waktu tertentu hari, akan ada beberapa kinerja tradisional Bali dengan megah patung Wisnu sebagai latar belakang. Karena lokasinya yang tinggi, Anda dapat melihat panorama sekitarnya. Patung Wisnu, sebagai titik pusat dari Wisnu Plaza, dikelilingi oleh air mancur dan air sumur di dekatnya suci yang katanya tidak pernah kering bahkan pada musim kemarau. Parahyangan Somaka Giri ditempatkan di sebelah patung Wisnu. Ini tempat air berada, yang secara historis telah dipercaya oleh rakyat di daerah tersebut sebagai berkat dengan kekuatan magis yang kuat untuk menyembuhkan penyakitnya dan meminta para dewa hujan selama musim kemarau. Karena lokasinya di tanah tinggi (di atas bukit), fenomena alam ini dianggap orang suci dan lokal diyakini itu menjadi air suci.


Street Theater
Street Theater adalah titik awal dan akhir kunjungan ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Di sini kita dapat menemukan banyak toko dan restoran di satu tempat dan dimana semua perayaan terjadi. Anda bisa mendapatkan souvenir Bali dan merchandise GWK khususnya di GWK Souvenir Shop dan Bali Art Market. Kita bahkan dapat menemukan spa Bali dan produk aromaterapi di toko ini. Sementara di sini, mengapa tidak mencoba pijat refleksi kaki Bali setelah berjalan-jalan.

Lotus Pond
Lotus Pond adalah area outdoor terbesar di Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan Taman Budaya, kemungkinan besar, di Bali. Dengan demikian,Lotus Pond adalah tempat yang tepat dan hanya untuk mengadakan acara outdoor skala besar. Selama bertahun-tahun, GWK telah dipercaya untuk skala besar diadakan, baik nasional maupun internasional, acara di Lotus Pond seperti konser musik, pertemuan internasional, partai besar. Lotus Pond adalah tempat yang unik dengan pilar batu kapur di sisi dan patung megah Garuda di latar belakang. Lotus Pond berawal dari teratai. Teratai adalah simbol utama keindahan, kemakmuran, dan kesuburan. Wisnu juga selalu membawa bunga teratai di tangannya dan hampir semua dewa dari dewa Hindu yang duduk di teratai atau membawa bunga.


Indraloka Garden
Taman ini diberi nama Indraloka setelah surga Dewa Indra karena pandang panorama yang indah. Indraloka Garden adalah salah satu tempat paling favorit di Garuda Wisnu Kencana untuk mengadakan pesta kecil menengah, pengumpulan dan upacara pernikahan. Kita bisa melihat pemandangan Bali dari atas Indraloka Garden.

Amphitheatre
Amphitheatre adalah tempat di luar ruangan untuk pertunjukan khusus dengan akustik yang dirancang dengan baik. Setiap sore Anda bisa menonton tari Kecak yang terkenal dan gratis yaitu sekitar pukul 18.30 s/d 19.30 WITA. Bahkan Tari Kecak ini dapat dikolaborasikan dengan tarian daerah lainnya.

Tirta Agung
Tirta Agung adalah ruang luar yang sempurna untuk acara menengah. Anda juga dapat mengunjungi patung Tangan Wisnu, bagian dari patung Garuda Wisnu Kencana yang terletak di dekatnya.



Nah tunggu apa lagi, yuk berkunjung ke wisata yang satu ini J