KHASIAT BUAH BENGKOANG

KHASIAT BENGKOANG
Bengkoang memiliki cukup banyak khasiat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Manfaat bengkoang bagi kesehatan dan kecantikan membuat buah ini cukup diminati masyarakat. Selain harganya yang murah, buah ini memiliki rasa yang manis dan mengandung cukup banyak air.

KESEHATAN
Bengkoang mengandung 40 % vitamin C. Seperti yang kita ketahui, vitamin C sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dan dapat menjauhkan kita dari berbagai jenis pernyakit. Selain itu, vitamin C juga memiliki peran penting dalam pembentukan kolagen, yaitu senyawa protein yang membantu dalam pertumbuhan sel dan pembuluh darah sehingga dapat menjadi sumber antioksidan alami yang dapat membantu tubuh dalam mencegah radikal bebas. Selain vitamin C, bengkoang juga mengandung cukup banyak Vitamin B1 yang memiliki manfaat untuk mencegah penyakit beri-beri. Manfaat bengkoang yang lain adalah sebagai pencegah dehidrasi karena di dalamnya mengandung cukup banyak air. Fakta lain dari bengkoang yang cukup mengejutkan adalah kemampuannya dalam mencegah penyakit jantung dan stroke. Ternyata bengkoang juga mengandung zat fitoestrogen yang sangat berguna bagi wanita menopause. Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah bengkuang dapat mencegah kita dari beberapa masalah kesehatan pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar dan kanker kolon. Lalu manfaat bengkoang terakhir untuk kesehatan adalah dapat membantu tubuh dalam menurunkan kadar glukosa. Dengan demikian mengkonsumsi buah bengkoang dapat menjauhkan kita dari resiko diabetes. Dan bagi anda yang sedang menjalani diet mengkonsumsi bengkoang juga dapat membantu menurunkan berat badan.
           
KECANTIKAN
Manfaat bengkoang sebenarnya tidak hanya untuk menjaga kesehatan saja melainkan untuk menjaga kecantikan terutama kecantikan wajah. Sudah menjadi rahasia umum bahwa ada banyak manfaat bengkoang untuk wajah. Yuk kita baca beberapa manfaat bengkoang untuk kecantikan :)

1. Mengurangi bintik hitam pada wajah
Caranya dengan mengaplikasikan bengkoang sebagai masker wajah. Ambil buah bengkoang secukupnya, kupas dan bersihkan, lalu parut sampai halus. Hasil parutan tersebut kemudian ditempelkan merata ke seluruh permukaan wajah. Tunggu hingga 15 menit atau sampai benar-benar terasa kering kemudian bilas wajah dengan air hangat terlebih dahulu baru kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

2. Mencerahkan kulit
Sudah tak asing lagi di telinga kita bahwa bengkoang sangat baik digunakan untuk memutihkan dan mencerahkan kulit. Bahkan, karena mengetahui manfaat buah bengkoang untuk wajah itu bisa memutihkan, makanya banyak produk kosmetik memiliki campuran ekstrak buah bengkoang. Untuk mendapatkan manfaat buah bengkoang untuk wajah agar tampak lebih putih, ambil buah bengkoang secukupnya lalu parut. Hasil parutan tadi kemudian dijemur hingga kering lalu campurkan dengan air mawar. Pergunakan racikan ini sebagai masker wajah.

Selain mengurangi bintik hitam dan mencerahkan kulit wajah, bengkoang juga bisa menyegarkan kulit dan melembabkan kulit wajah. Selain dengan hasil parutan, pengunaan buah bengkoang untuk kecantikan bisa dilakukan secara konvensional salah satunya bedak dingin. Yuk ikuti tipsnya!!!…

Bahan :
2 buah bengkoang segar (tergantung keperluan)
100 gr tepung beras basah ( beras direndam 1-2 minggu, lalu tumbuk halus)
1 sdt perasan jeruk nipis
Caranya :
1.      Buah bengkoang di parut atau di blender, setelah halus lalu di saring, air hasil saringan buah bengkoang didiamkan selama 3-4 jam. Sehingga hasilnya akan terdapat endapan tepung pati sari bengkoang, lalu ambil patinya saja.
2.     Campurkan sari pati bengkoang, tepung beras dan tambahkan 1 sdt perasan jeruk nipis
3.     Tambahkan wewangian (bunga mawar, daun pandan, daun suji atau sesuai selera kamu)
4.     Bentuk menjadi bulatan kelereng, pipihkan dan keringkan selama 2 jam.
5.     Jika akan di pakai, bedak dingin dilarutkan dengan air dinggin

Rasakan manfaatnya!!! Kulit cantik dan sehat! selamat mencoba.

0 Response to "KHASIAT BUAH BENGKOANG"

Poskan Komentar