Objek Wisata Kawah Ratu


Suka berpetualang??? Bagi anda yang menyukai tantangan dan berpetualang di alam bebas, rasanya anda perlu mengunjungi sebuah tempat wisata alam yang berada di Utara Kota Bogor, Jawa Barat. Di tempat ini anda pasti akan megalami sensasi lain dari perjalanan-perjalanan wisata yang pernah anda lakukan selama ini. Bila anda menyukai petualangan alam, kedua jalur ini mungkin adalah yang terbaik. Pasalnya, sambil naik-turun lembah, anda dapat menikmati indahnya alam pegunungan di kawasan ini. Beberapa lintasannya bahkan akan memaksa anda menaiki akar-akar yang menjurai di jalan setapak yang lebarnya hanya semeter. Namun, dengan beratnya trek yang dilalui, ternyata tempat ini sangat memberikan keindahan suasana hutan Gunung Salak yang begitu indah. Agar dapat mengurangi kelelahan dalam perjalanan, nikmati perjalanan dengan mendengarkan kicauan burung yang merdu, berhenti sejenak dan lihatlah sekeliling maka rasa lelah dijamin berkurang. Alam yang begitu indah akan menambah semangat untuk melanjutkan perjalanan anda.
Di sini anda akan banyak menemui aliran-aliran sungai yang terkadang airnya menggenangi trek yang dilalui. Kicau burung, denyit serangga dan suara monyet hutan, masih kerap terdengar.



Kondisi Umum
Sebagai salah satu dari sekian banyak obyek wisata alam yang dimiliki Gunung Salak, Kawah Ratu yang terletak di ketinggian 1.338 meter di atas permukaan laut memang menawarkan kesegaran. Suhu yang berkisar antara 10-240 Celcius selalu membuat udara dingin menjadi bagian yang tak terpisahkan dari suasana alamnya. Apalagi tempat ini sering kali dijamah hujan di saat sore. Inilah antara lain yang membuatnya beda dengan dua kawah lain di kawasan yang memiliki luas sekitar 30 hektar ini: Kawah Mati I dan Kawah Mati II. Meskipun kedua kawah yang saat ini sudah tidak aktif lagi itu juga memiliki ketinggian yang hampir sama: Kawah Mati I, yang terletak di utara Kawah Ratu, sekitar 1.330 meter; sedangkan Kawah Mati II, yang berlokasi di bagian selatan, sekitar 1.335 meter.

Keindahan Kawah Ratu

Kawah Ratu memang memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung. Daya tarik utamanya, antara lain adalah aktivitas geologinya. Sepanjang hari kepundannya selalu mendidih dan mengeluarkan gas asam sulfida (H2S) dengan bau menyengat. Kawahnya yang masih aktif, banyak belerang serta ada aliran sungai yang hangat membuat para pendaki betah dan berlama-lama di sana. Kadangkala kawah ini mengeluarkan suara gemuruh akibat semburan uap air panas yang membentuk kabut. Meskipun Kawah Ratu ini masih aktif, tapi tak mengganggu kehidupan vegetasi tanaman di kawasan itu. Beberapa jenis tumbuhan ternyata masih dapat hidup, di antaranya adalah tanaman Romogiling (Sceferra actinophylla). Ujung daunnya berbentuk agak bulat. Vegetasi ini merupakan tanaman yang dominan menghiasi kawah.
Sedangkan beberapa pohon berkayu lainnya tampak mati akibat hangus terbakar oleh aktivitas kawah. Dan sebagai bagian dari kawasan hutan alam Gunung Salak, Kawah Ratu pun tergolong sebagai hutan heterogen. Sehingga kesejukan udara alamnya sangat terasa. Cukup bagus untuk dijadikan foto prawedding bukan?
J
Walaupun tidak terlalu tinggi tetapi daerahnya mengasyikkan apalagi kalau sudah sampai kawahnya. Jika sudah sampai kawahnya anda pasti terpana memandang keindahan kawah ratu. Keindahannya dapat dilihat dari relief daerahnya yang tidak rata dan diselimuti banyak belerang yang seakan-akan kita berada di tempat yang asing yang tidak pernah kita kunjungi sebelumnya ditambah lagi ada aliran air sungai yang hangat sehingga kita bisa mandi di sana.

Kawah Ratu memberikan kesan tersendiri bagi saya. Suasana yang sangat dirindukan. Kawah ini seperti tempat biasa saja dan tidak kelihatan seperti kawah. Lihat aja photo-photonya! Indah bukan? 



 

Akses
Kawah Ratu terletak di Gunung Salak Bogor. Jika kamu tertarik pergi ke sana kamu tinggal datang aja ke Bogor. Jika dari kota Bogor, kamu naik angkot jurusan terminal Bubulak atau Laladon (15 menit). Setelah sampai di terminal Bubulak/Laladon kamu naik angkot lagi jurusan Jasinga atau leuwiliang (30 menit). Kemudian kamu turun di daerah Cibatok. Dari Cibatok kamu naik angkot "odong-odong" (40 menit) ke kaki tempat pendakian. Di situlah awal pendakian ke Kawah Ratu. Dari tempat start menuju puncak diperlukan waktu kurang lebih 4-5 jam. Memang dekat soalnya ketinggian Gunung Salak hanya sekitar 2200 m dpl.
So, silahkan mencoba kawan!




2 Response to "Objek Wisata Kawah Ratu"

  1. Tony Haryo says:
    11 Mei 2013 12.57

    kaya nya keren itu tempat nya, tapi bagus mana ya dengan wisata kawah putih yg di ciwidey bandung .??/
    -_-"

    kalo dengan cara berjalan kaki selama 4-5 jam kurang minat seperti nya .
    :(

  2. Fadilah Murtafiah says:
    11 Mei 2013 13.13

    Sama bagusnya sich,,, tergantung tujuan wisatanya,,,
    Kalo pengen nikmatin suasana hutan banget pilih Kawah Ratu, tapi kalo pengen suasana perairan banget kawah putih pilihan yang tepat :)
    Apalagi buat prawed,,, heheh

Posting Komentar