Minggu, 30 Desember 2012

Wisata Puncak Bogor

Wisata Puncak Bogor


Puncak... 
Banyak yang bisa mengartikan satu tempat ini. Untuk wilayah Bogor dan sekitarnya, yang disebut dengan puncak merupakan sebuah tempat wisata alam yang bernuansa kebun teh dengan udara yang menyejukkan. Kawasan Puncak dikenal sebagai tempat yang dingin dan segar dan penuh dengan wilayah pegunungan yang alami, sehingga menjadi salah satu tempat wisata utama di Jawa Barat. Keadaan seperti ini sangat berbeda dengan kondisi ibukota Jakarta yang penuh dengan polusi, panas dan tidak nyaman. Wisatawan yang biasa berkunjung adalah warga Jakarta dan sekitarnya terutama pada hari-hari libur seperti hari Sabtu dan Minggu serta hari-hari besar lainnya sehingga gak kaget kalau perjalanan menuju puncak selalu macet pada hari libur, tidak lain karena banyaknya pengendara baik motor maupun mobil yang menuju objek wisata Puncak Bogor. Kesibukan aktivitas kerja maupun sekolah setiap harinya dapat menyebabkan kepenatan dan rasa jemu terhadap lingkungan sekitar sehingga pilihan yang tepat adalah refreshing ke tempat-tempat yang menenangkan. Tidak salah jika Puncak Bogor merupakan pilihan yang tepat untuk melepas penat tersebut. 


Perjalanan menuju Puncak juga bisa untuk cuci mata dengan melihat pemetik yang berkisar antara 15 sampai 20 orang yang dihimpun dalam satu grup. Tugasnya hanya memetik daun teh pada bagian atasnya saja, kemudian daun-daun tersebut dimasukkan ke dalam keranjang yang ditaruh di belakang tubuhnya. Daun teh tersebut akan dibawa ke pabrik yang tidak jauh dari kebun teh. Pemandangan pemetik teh ini memang salah satu obyek wisata menarik di kawasan Puncak. Bayangkan saja, di antara hijaunya hamparan kebun teh, mereka terlihat seperti hiasannya, karena pakaian mereka yang berwarna-warni terlihat begitu indah. Bila anda penasaran, anda bisa mencoba mendekati mereka. Sambil sedikit ngobrol-ngobrol anda juga bisa memetik tehnya sendiri. Anda bisa juga bertanya, bagaimana proses selanjutnya setelah daun-daun teh dikumpulkan, sampai akhirnya masuk ke pabrik pengolahan teh. Kan lumayan nambah pengalaman,,,hehehe. Selain itu anda dapat berkunjung ke Masjid Megah Atta’awun yang sudah pasti dilewati menuju Puncak. Tidak ada salahnya jika menyempatkan diri untuk singgah sebentar ke Masjid Atta’awun sambil menikmati keindahan rumah Allah.

Tempat wisata Puncak dibagi atas beberapa bagian yang bisa dikunjungi yaitu Puncak Pass dan Perkebunan Gunung Mas. Suasana siang di Puncak Pass dapat dinikmati dengan memandang hamparan kebun teh yang terbentang luas pada bukit-bukit dan pada Puncak Pass akan terlihat seluruh bagian kota Bogor, akan lebih indah pada malam hari. Untuk menikmati suasana Puncak Pass, tidak dipungut biaya apapun kecuali parkir, jadi jangan ragu untuk berkunjung.. Kawasan kebun teh Gunung Mas sudah terkenal sejak dulu sebagai daerah penghasil teh utama di Jawa Barat. Kawasan ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara. Jika ingin menikmati danau dapat berkunjung ke Perkebunan Gunung Mas, selain itu juga disediakan Kuda. Dengan membayar Rp 25.000 maka anda sudah dapat berkeliling kebun teh dengan menunggang kuda yang dipandu oleh pemandunya. Jika anda merasa lapar, jangan khawatir. Tempat wisata ini juga menyediakan banyak rumah makan dan warung-warung untuk makan dengan menu yang beraneka ragam.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar